Memetik Bintang di Usia Belia

Masa remaja merupakan masa terindah bagi setiap orang. Akan lebih indah jika kita dapat memanfaatkan masa ini dengan melakukan hal-hal positif dan tentunya menuangkan seribu manfaat bagi dunia.
Masa remaja adalah masa dimana seseorang mengembara untuk mencari jati diri. Oleh karena itu, sangat rentan terserang oleh berbagai virus negative baik dari segi lingkungan pergaulan maupun dalam lingkungan keluarga.
Seiring berkembangnya zaman, ilmu pengetahuan dan tekhnologi pun semakin canggih. Namun, tak hanya dampak positif, dampak negatifnya pun merebak seperti jamur jerami. Tak ayal, budaya pun turut terdisintergrasi akibat kemajuan dunia saat ini.
Remaja merupakan tokoh penting sebagai generasi penerus bangsa yang seharusnya memahami cara untuk melindungi warisan budaya bangsa agar tetap terlestarikan, bukan malah tenggelam tergerus masa. Namun, pada realitas saat ini, remajalah yang menghancurkan warisan-warisan budayanya sendiri. Mereka terpengaruh oleh berbagai kecanggihan tekhnologi yang didesain semaksimal mungkin serta sangat efisien terhadap waktu.
Remaja juga memiliki potensi yang sangat tinggi untuk meningkatkan ekonomi Negara. Seperti halnya di era global ini, banyak pengusaha muda yang sukses hanya dengan mengolah sedikit kreatifitasnya. Mereka dapat memetik prestasi gemilang di usia belia. Hal ini patut kita jadikan teladan untuk mencapai masa depan yang cemerlang. Nah, ada beberapa hal yang dapat  kita lakukan sebagai remaja untuk membantu peningkatan taraf hidup keluarga khususnya dan Negara pada umumnya dengan memanfaatkan kecanggihan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, diantaranya yaitu :
1.       Berjualan Pulsa
Handphone, saat ini bukan lagi benda asing bagi setiap orang. Dengan fitur dan fasilitas yang bervariasi yang disuguhkan membuat mereka lebih mudah berkomunikasi dan tentunya dengan harga yang bervariasi pula. Bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak dan kalangan remaja juga sudah sangat akrab dengan benda ini. Handphone tanpa pulsa hanya seonggok sampah. Seperti yang kita ketahui Indonesia merupakan Negara terbanyak yang menggunakan voucher pulsa. Karenannya berjualan pulsa akan menghasilkan untung besar dan juga sangat mudah.

2.       Menjadi Penulis
Nah, bagi teman-teman yang merasa punya bakat di bidang literasi dapat menjadikannya sebagai sumber pencaharian. Seperti saat ini, di berbagai situs jejaring social sering diadakan event lomba menulis, seperti : lomba menulis puisi, cerpen, artikel, dan lain-lain yang tentunya dengan iming-iming hadiah yang menjanjikan. Selain itu, jika tulisan kita menarik minat banyak orang, bisa saja kita dapat mencetak buku antologi karya anda sendiri, pastinya aka nada royalty penjualan untuk menambah saku.


3.       Berjualan Aksesoris atau pakaian via Internet
Kalau kita ngomongin aksesoris dan pakaian, sorotannya pasti bagi kaum hawa. Yapzz, seperti yang kita tau wanita,  remaja putri khususnya sangat menyukai aksesoris dan baju. Jika kita mengadakan survey, 85% hal yang paling sering mereka lakukan ketika berselancar di dunia maya adalah mengintip situs-situs yang menyediakan penjualan baju dan aksesoris. Jadi, jika kita memiliki bakat dalam bidang perdagangan tak ada salahnya untuk mencoba hal ini.

4.       Menjadi Guru Les Privat
Semakin ke depan semakin sulit untuk kita menjalani hidup. Untuk kita yang merasa punya kelebihan di bidang mata pelajaran tertentu, bisa mencoba membuka lowongan les bagi anak-anak di bawah grade kita atau bagi teman-teman sebaya. Hal ini dapat dilakukan paruh waktu setelah menyelesaikan aktivitas pribadi tentunya. Tak hanya menghasilkan uang saku tambahan namun juga mempertebal ilmu kita. Misalnya, membuka les matematika, fisika, bahasa Inggris, atau pelajaran lainnya, les  IT, les music/vocal, bahkan menjadi gugru ngaji di TPA atau Mesjid yang dapat menambahkan pahala bagi kita.

5.       Membuat Karya Seni
Di zaman ini, banyak sekali hal kecil yang dianggap tidak berguna namun dapat menjadikan seseorang sukses. Nah, bagi yang punya kreatifitas seni di bidang tertentu pasti dapat mencobanya, seperti : Membuat karangan bunga dari kain cerca atau botol minuman ringan yang dapat di jual sebagai hiasan dinding dan juga cindera mata khas suatu daerah. Selain itu, jika mempunyai keahlian di bidang seni lukis tentu juga dapat memanfaatkannya dalam berbagai ajang pameran dan perlombaan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan sebagai remaja yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Semoga tips-tips di atas bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa menjadi sumber kesuksesan di masa yang akan datang.  Selamat mencoba. Raa


#Aa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar